8 Negara Ikuti Ekshibisi Tarung Derajat di Sea Games XXVI


Sebanyak delapan negara akan melakukan eksibisi seni bela diri asli Indonesia, Tarung Derajat di Hall Basket, Senayan, Jakarta, 13-14 November. Eksibisi digelar untuk mengamankan posisi Tarung Derajat sebagai salah satu cabang olahraga resmi SEA Games Myanmar 2013 mendatang.

Negara-negara yang akan bertarung memperebutkan enam medali emas itu, adalah Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Filipina, Myanmar, Timor Leste, Malaysia, dan Indonesia. Ekshibisi ini akan mempertandingkan empat kelas putra dan dua kelas putri.

Seluruh biaya pelaksanaan adalah dari hasil sumbangan pengurus PB Kodrat (induk organisasi tarung derajat), perguruan, dan donatur. "Tampilnya banyak negara ini membuktikan ilmu bela diri tarung derajat sudah diterima masyarakat kawasan ASEAN. Bahkan mendapat dukungan dari pemerintah masing-masing," tutur Sang Guru Achmad Drajat, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Sang Guru, selain ekshibisi SEA Games, tarung derajat juga akan dipertandingkan di Arafura Games 2012. "Kami bangga bisa mengembangkan olahraga tarung derajat asli Indonesia hingga go international. Pertandingan ekshibisi ini merupakan langkah awal untuk bisa dipertandingkan secara resmi di SEA Games XXVII Myanmar 2013," katanya.