Tarung Derajat untuk Harkat Martabat Manusia

Tarung Derajat adalah olahraga atau seni ilmu bela diri yang digunakan terutama pada upaya pemeliharaan keselamatan, kesehatan, dan kesempatan hidup sebagai manusia yang berhakekat. Seperti mampu menghindari dan menjauhkan sikap hidup permusuhan dan kesombongan, pencegahan dan pemulihan penyakit fisik dan mental, serta mampu mensyukuri kehidupan dan berbuat amal kebaikan bermanfaat bagi kemanusiaan.

Seni ilmu bela diri ini diciptakan untuk digunakan saat seseorang perlu dan harus berkelahi atau bertarung dalam rangka berjuang untuk mempertahankan kelangsungan hidup, menegakan kehormatan dan membela kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari selaras dengan kodrat hidupnya.

Sang Guru Achmad Dradjat menciptakan ilmu ini dari pengalaman hidupnya yang pada saat mudanya hidup di lingkungan yang keras dan harus membela dirinya dari perilaku jahat orang dengan bermodal tubuh yang kecil serta didikan akhlak budi pekerti dan ajaran agama yang diterapkan kedua orang tua tertanam serta  terpelihara secara ketat dan berdisiplin sejak masa kecil.

Pilar penciptaan, pertumbuhan pengembangan dan penyebarluasan Tarung Derajat adalah imajinasi, kreativitas dan keberanian moral.